Pengertian dan Manfaat Kartu Menuju Sehat

  • Whatsapp

Bagi Anda yang memiliki anak balita, pasti tidak asing lagi dengan keberadaan Kartu Menuju Sehat atau disingkat dengan KMS. Ini adalah kartu yang telah digunakan di negara Indonesia untuk memantau perkembangan balita. Dengan adanya KMS, maka tumbuh kembang anak di bawah lima tahun dapat terawasi.

Biasanya, Anda akan mendapatkan kartu ini ketika anak Anda baru saja lahir. Nantinya, Anda harus rutin membawa KMS ini baik ke Posyandu atau ke Bidan untuk diisi dan mengerti pertumbuh kembangan anak Anda.

Apa Itu Kartu Menuju Sehat

KMS pada dasarnya adalah suatu catatan yang berbentuk grafik untuk mencatat tumbuh dan kembang anak. Hal ini didasarkan oleh berat badan, usia, serta jenis kelamin balita Anda. Biasanya, data yang ada pada KMS akan diperbaharui setiap Anda membawa anak Anda ke Posyandu.

KMS sendiri terdiri atas 1 lembar bolak balik. Pada selembar itu, terdapat lima bagian. Anda dapat menandai pada KMS bahwa anak laki-laki ditandai dengan warna biru dan perempuan dengan warna merah muda.

Nantinya anak Anda akan ditimbang berat badannya serta diukur tingginya. Kemudian, petugas Posyandu atau tenaga medis yang bertanggungjawab akan mengisi pada lembar KMS dengan cara memberikan titik yang sesuai dengan waktu diperolehnya data tersebut.

Anda bisa memperhatikan adanya tanda pada grafik untuk memantau bagaimana pertumbuh kembangan anak Anda. Yang perlu Anda perhatikan, apabila anak Anda memiliki titik di bawah garis merah, maka tandanya anak Anda mengalami kekurangan gizi dan hal ini harus segera diatasi.

Manfaat Keberadaan KMS yang Harus Orang Tua Anak Ketahui

Setelah mengetahui tentang apa itu KMS, wajib bagi Anda pula untuk mengetahui apa sajakah manfaat keberadaan kartu ini. Manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Alat pemantau pertumbuhan balita Anda

Tanpa adanya suatu pencatat yang pasti, maka akan susah bagi Anda untuk mengamati bagaimana perkembangan balita Anda dari waktu ke waktu. Maka dari itu, keberadaan KMS ini akan sangat memudahkan Anda. Anda tinggal membaca grafiknya dan Anda akan tahu bagaimana perkembangan bayi Anda.

  1. Catatan pelayanan kesehatan balita Anda

Bukan hanya mencatat tentang tumbuh kembang anak, tetapi pada KMS juga terdapat catatan pelayanan kesehatan yang telah diterima anak Anda. Balita wajib mendapatkan imunisasi tertentu dengan jumlah tertentu pada kurun waktu tertentu. Dengan adanya KMS ini, maka pencatatan dapat terorganisir dan hal ini dapat Anda lihat sewaktu-waktu.

Bukan hanya sekedar imunisasi saja, tetapi juga pencatatan tentang pemberian vitamin A, pemberian ASI eksklusif, dan lain sebagainya. Anda tidak akan khawatir pelayanan kesehatan bayi Anda terlewatkan.

  1. Untuk alat edukasi

Catatan yang ada pada KMS bisa menjadi alat untuk Bunda mendapatkan edukasi langsung oleh petugas Posyandu atau tenaga medis. Mereka bisa menjelaskan melalui curva dan grafik yang ada pada KMS. Dengan begini, gambaran pertumbuhan balita akan semakin jelas.

  1. Indikator pertumbuhan rata – rata balita

Manfaat ini dirasakan oleh Posyandu untuk meningkatkan pertumbuh kembangan bayi yang baik pada suatu daerah. Dengan adanya KMS, maka untuk pengintegrasian data akan semakin mudah. Tentunya kemudian hal ini menjadi acuan daerah maupun negara meningkatkan gizi bagi balita.

Kini pasti Anda telah memahami tentang apa itu Kartu Menuju Sehat atau KMS. Bukan hanya itu, Anda juga sudah memahami tentang apa saja manfaat-manfaatnya. Jika Anda memiliki Balita, maka pastikan Anda sudah memiliki KMS, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *