Introvert Adalah Pendiam? Cari Tahu Secara Lengkap Disini!

  • Whatsapp

Akurat.co.id – Mungkin Anda selama ini sering sekali mendengar tentang ungkapan introvert. Introvert adalah kepribadian dimana orang tersebut memiliki fokus pada perasaan internalnya. Hal ini jika dibandingkan dengan apa yang terjadi pada eksternalnya.

Seringkali, introvert diidentikkan dengan mereka yang penyendiri dan pendiam. Sebenarnya, untuk mendefinisikan introvert tidak hanya sampai di situ. Maka dari itu, artikel ini ada untuk memberikan Anda informasi yang lengkap tentang hal tersebut.

Ciri-ciri Introvert yang Harus Anda Ketahui

Agar Anda lebih memahami tentang introvert ini, maka Anda harus mengetahui ciri-cirinya. Dengan adanya ciri-ciri ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan pula kepada diri Anda atau teman sekitar Anda. Apakah Anda termasuk introvert? berikut ciri-cirinya!

  1. Orang yang introvert tetap bisa berkumpul dengan orang banyak, tetapi berkumpul dengan orang yang banyak cukup menguras energinya.
  2. Bukan berarti tidak bisa menjalin hubungan dengan orang lain atau bersosialisasi, tetapi orang introvert lebih suka menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri.
  3. Orang introvert lebih nyaman dengan lingkar pertemanan yang tidak terlalu besar
  4. Biasanya dijuluki sebagai orang yang pendiam
  5. Memiliki self-awarenessyang tinggi sehingga dapat dikatakan adalah orang yang berhati-hati
  6. Biasanya adalah orang yang menyukai belajar secara visual
  7. Saat sendiri bisa menghasilkan berbagai ide yang cemerlang
  8. Orang introvert tidak terdistraksi dengan tren yang baru
  9. Sering tertangkap sedang melamun
  10. Umumnya bukanlah orang yang menyukai pengambilan resiko
  11. Senang berpendapat melalui tulisan jika dibandingkan dengan berpendapat secara langsung
  12. Pikirannya cenderung sangat aktif

Ciri – ciri di atas ialah ciri dari seorang yang memiliki kepribadian introvert. Jika banyak dari ciri di atas ada pada diri Anda, maka kemungkinan besar Anda adalah seorang introvert. Tetapi, jika banyak dari list tersebut yang berkebalikan dengan Anda, mungkin Anda adalah seorang extrovert.

Apakah Kepribadian Introvert Adalah Kelemahan?

Tahukah Anda bahwa ternyata masih banyak orang yang berfikir bahwa berkepribadian introvert adalah suatu kelemahan. Mengapa demikian? Karena Kita terbiasa diberikan gambaran bahwa orang yang berkualitas adalah orang yang memiliki lingkar pertemanan yang luas, mudah bergaul, supel, dan lain sebagainya.

Padahal, menjadi seorang berkepribadian introvert juga memiliki banyak keuntungan. Maka dari itu, tidak tepat bagi Anda jika menyebut introvert merupakan kelemahan. Keuntungan jika Anda seorang introvert yakni sebagai berikut:

  1. Terhindar dari konflik

Orang yang introvert umumnya memproses sesuatu dengan sangat matang dan lama. Dengan begitu, orang tersebut akan terhindar dari sesuatu yang memicu konflik. Inilah keuntungan yang akan Anda rasakan jika Anda adalah introvert.

  1. Sangat independen

Dikarenakan orang introvert suka menghabiskan waktunya dengan dirinya sendiri, maka dapat dikatakan bahwa orang introvert juga sangat mandiri dan independen. Dia tidak tergantung dengan keberadaan orang lain dan tidak mudah bosan saat sedang sendiri.

  1. Pemikir yang ulung

Seorang introvert juga bisa menjadi pemikir yang ulung. Sudah merupakan cirinya untuk memikirkan suatu yang mendalam menjadikannya sangat tajam dalam berfikir. Dengan begini, Ia juga bisa menghasilkan berbagai ide yang keren dan juga kritis.

Jadi, sebenarnya baik introvert maupun ekstrovert sama – sama bisa melakukan hal yang sama ya. Bedanya adalah, introvert mendapatkan energi ketika Ia sedang sendiri. Apakah Anda termasuk introvert? Menjadi seorang introvert adalah anugerah dan Anda tidak perlu menganggapnya sebagai kelemahan.

Editor: Hidayat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *