Apa Itu Istilah Kognitif yang Harus Anda Ketahui untuk Belajar Lebih Efektif

  • Whatsapp

Akurat.co.id – Pernahkah Anda mendengar istilah kognitif? Kognitif adalah suatu bahasa ilmiah yang merujuk pada proses berfikir. Istilah ini sangat sering dikemukakan pada konteks akademik. Istilah kognitif juga dapat diartikan sebagai proses suatu mental manusia. Proses tersebut mencakup perolehan, pengambilan, penyimpanan, serta pemanfaatan dalam pengetahuan.

Kognitif Adalah Istilah yang Semakin Populer Akhir-akhir ini

Akhir-akhir ini, istilah kognitif juga semakin populer. Mengapa demikian? karena berbanding lurus dengan kesadaran manusia sekarang tentang wilayah psikologis manusia yang sangat penting untuk kehidupan.

Wilayah psikologis atau domain yang dimaksud disini adalah tentang pengolahan informasi, pemahaman, keyakinan, pemecahan masalah, dan lain sebagainya. Seorang ahli bernama Solso pada 2001 juga mencoba mengklarifikasi pembagian domain ini antara lain atensi, pemrosesan, penyimpanan, serta penggunaan.

Jika Anda bisa menguasai kemampuan kognitif ini, maka banyak hal atau urusan yang bisa Anda selesaikan dengan mudah. Maka dari itu, penting bagi Anda memahami tentang kognitif ini.

Kemampuan kognitif orang berbeda beda. Hal tersebut bukanlah suatu masalah karena jika Anda mampu memanfaatkannya dengan baik, maka Anda bisa menguasai suatu bidang atau menyelesaikan sesuatu yang menjadi urusan Anda.

Beberapa Kemampuan Kognitif yang Bisa Membuat Belajar Anda Lebih Efektif

Seperti yang Kita ketahui bersama bahwa kemampuan kognitif berhubungan erat dengan bentuk kegiatan mental atau otak. Atau secara sederhana, artinya segala kegiatan yang dilakukan oleh individu adalah hasil dari penggunaan kognitif. Dalam belajar, ada beberapa kemampuan kognitif yang harus Anda ketahui agar belajar lebih efektif.

Ada beberapa jenis kemampuan kognitif yang dapat membuat belajar Anda lebih efektif. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan kemampuan kognitif mana yang lebih dominan pada diri Anda. Kemampuan kognitif tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Visual

Orang yang memiliki kemampuan kognitif di bidang visual akan pandai dalam mengingat berbagai gambar, halaman teks, dan juga suatu isyarat visual. Jika Anda orang yang lebih pandai mengingat tentang hal tersebut, maka Anda adalah orang yang didominasi kognitif visual.

  1. Auditori

Bagi mereka yang merupakan orang yang didominasi oleh kemampuan auditori, maka Ia adalah orang yang sangat pandai dalam mendengarkan audio. Suatu hal akan mudah dipelajari jika mereka mendengarkan sesuatu.

  1. Membaca dan Menulis

Anda bisa menguasai materi dengan mudah ketika menulis suatu materi dan membacanya? Maka Anda adalah tipe ini. Anda bisa memanfaatkannya dengan sering membuat catatan ulang atas pelajaran yang Anda dapatkan.

  1. Kinestetik

Ini adalah metode yang sedikit unik. Para pembelajar yang dominan kinestetik biasanya sangat tidak suka dengan buku. Mereka menyukai suatu yang sifatnya langsung praktik. Jika mereka belajar teori, suatu yang dipelajarinya akan susah masuk dan diserap pada memori dan otak mereka.

Anda bisa menemukan metode kognitif yang paling tepat untuk Anda. Jika Anda belum menemukan metode belajar Anda dan metode kognitif dominan Anda, Anda bisa menanyakan beberapa hal di bawah ini:

  1. Cara belajar apakah yang paling Saya suka?
  2. Apa yang membuat Saya ingat sesuatu dengan mudah? Perkataan orang kah? Wajahnya kah? Atau yang Lainnya kah?

Selain cara di atas, Anda juga bisa mencoba berbagai metode belajar kognitif. Dengan begitu, Anda tidak akan salah dalam menentukan metode belajar. Kognitif adalah hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin metode belajar yang efektif.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *